Yuhu !!!

Hanya blog orang awesome yang hanya bisa dilihat orang awesome!

Kamis, 06 September 2012

Get Glorious at Star Party 2012

Jadi ceritanya setelah nyaris 6 bulan lebih menelantarkan blog, tiba-tiba gue di sms suruh buka fb, dan tiba-tiba disuruh buat report. So.. gue bingung. Udah tau gue rada-rada ga bener kalo nulis cerita--jadi teteh-teteh aa-aa yang baca kalo misalnya pos ini kurang berkenan harap maklum ya ^^ #disambit

Lanjut. Jadi gue bakal cerita nyaris semuanya dalam sudut pandang gue. Jadi jangan protes ya! #sakaliih

Hari Sabtu, tanggal 1 September 2012, panitia kelas XI mengadakan acara WAJIB Castro Lunar yaitu STAR PARTY!!!!! *jreng*. Dengan tema maha kece yaitu "Get Glorious With Lunar* para panitia yang terdiri dari panitia inti dan cabutan dengan total kurang lebih 20 orang (gue lupa atuh gimana ya ._.) mereka pun memulai acara ini meski agak telat 35 menit #hush

'Kan harusnya jam 4 sore yang ngemsi itu Muti sama Aviva, tapi ternyata mereka pra-LDK! Dengan panik akhirnya mereka memutuskan buat gue dan Gadis (panitia cabutan) buat ngemsi. ATUH HARUS GIMANA YA?! Akhirnya gue ngerandom aja.

Jadi pas SP (nama keren buat Star Party) itu jumlah pesertanya 35 orang, tapi entah kenapa yang dateng cuma 30. Mungkin pada capek pra-LDK kali ya ^^''' pas ngemsi tentunya gue ngenalin diri gue sendiri dan Gadis, abis itu gue ceritain sejarah singkat Castro Lunar, abis itu kasih tau tata tertib dan sambutan dari ketupat kita yang amat alay bernama Ferlin Halida. Oh ya, dia juga orang yang sms gue buat bikin report *penting

Udah sambutan, kan kosong ya ga ngapa-ngapain lagi. Akhirnya gue bikin games kecil-kecilan dangan hadiah beng-beng hazelnut. Kenapa hazelnut? Soalnya itu ga kita pake buat sesajen(?). Daripada sayang mending dikasih (dan gue colong hohoho) iya ga?

Lanjut.. (ini post makin ancur aja).

Jam 6 kita ishoma sampe jam 7. Menu makan malamnya Nasi + Ayam Bakar dari Mama Fathan. Murah cuma Rp 8000! Tapi sumveh ya itu enak banget, ya ga? EH jadi curcol gini. Singkat kata, pokoknya kita ishoma aja sejam!

Abis ishoma gue ga begitu inget tapi setelah gue tanya keketupat, ternyata ada sambutan dari Bu Ida! Pembina Castro yang paling kita sayangi. Bu Ida menyampaikan seluk beluk Castro lebih mendetail daaaaaaaaan, abis itu SP secara resmi dibuka!

Sebenernya ga langsung sambutan Bu Ida sih. Sambil nunggu Bu Ida, kita ada perkenalan peserta SP (biar lebih mesra akrab gitu). Ternyata anak-anaknya tengil seru juga, dan enak diajak kerja sama, jadinya ga ribet.

Tapi abis itu tiba-tiba ada yang bilang.. "Panitia SP kebanyakan kan dari X-7 yang dulu. Mereka pada pinter Prancis tuh. Sana perkenalan pake frongse."

INI MAKSUDNYA APAAAAAAAAAAA?

Tapi untung Bu Ida udah keburu dateng. Makasih Ibu =DDD

Abis sambutan, kita ada acara perkenalan alumni. Alumni yang dateng cuma 7 orang. Yang dateng mulai dari yang paling senior sampe yang baru lulus juga ada. Ya taulah siapa, kalo ga tau silahkan tanya ketupat *dor

Perkenalan alumni selesai, beralih ke perkenalan panitia kelas XII! Yang dateng kalo ga salah Teh Beber, Teh Nunik, Ka Mia, Ka Mgs, Ka Wahyu, Ka Intan, sama satu lagi Ka Erwin. Mereka juga sekalian promosi jaket Castro. Pada tau kan kayak gimana? Makanya beli! Mosok kelas XI juga ada yang belom beli! Siapa hayoo angkat ketek tangan! *siapalo

Jam 8 lewat, kita ada pemutaran film di aula. Atas keputusan ketupat dan saran seseorang-entah-siapa-tanya-saja-ketupat, kita nonton kumang man Apollo 18. Awalnya gue ga gitu ngerti sih inti ceritanya apa tapi yang jelas mereka terinfeski alien kumang laba-laba bercangkang gitu makanya mereka jadi manusia kumang ada yang brutal dan sampe ga boleh balik ke Bumi. Ada panitia kelas XI namanya Hanur sampe buat teori mengenai si laba-laba ini. Tapi ini urusan lain yang ga perlu diomongin disini.

Selesai pemutaran film, gue peratiin muka peserta satu-satu. Mukanya pada pias semua! Ada yang meringkuk ketakutan, sampe yang satu lagi sampe ada yang tidur! *ngga*. Tidur karena takut apa udah kebal? Hehehe.. Oh iya pas nonton yang dateng duluan itu Ferin, Teh Ber, Muniif, sama ada satu orang kakak HAAJ yang bakal diceritain dibawah. Sisanya pada menyusul karena ada pertemuan di Planetarium.

Sekitar pukul 10 (ga ada jam jadinya ga tau orz) ada materi dari pihak HAAJ yaitu Kak Ahmad Zulfahmi atau yang biasa dipanggil Ka Ami tentang Tata Surya. Meski ini materi mungkin kalian yang baca bilang "Ah ngebosenin" atau apa gitu tapi kalian salah! Disini Tata Surya lebih dikupas tuntas seperti kulit pisang yang dikupas kalau kita mau makan dagingnya (kok kesitu ._.). Semua orang pada serius merhatiin termasuk para panitia kelas XI yang kayaknya pada modus-modusan, tapi ga tau deh ke siapa. Ke emsi kali ya #salah #panitiakebanyakancewekhoi

Oh iya hampir lupa, abis presentasi ada perkenalan anggota HAAJ yang dateng! Diantaranya ada ka Rayhan, ka Nurdin, ka Ami, ka Indra, ka Azis, ka Ronif, ka Mirza, ka Yuda, ka Dedy, mas Gaby, ka Vina, ka Dessy, dan ka Sulfi :)

Sekitar jam 11 kita mulai dinamika kelompok! Saya sebagai emsi bertugas untuk mengawasi mereka dan membuat mereka panik sebelum ke pos saya #dor. Kelompoknya dibagi jadi 7, yaitu Callisto, Ganymade, Io, Charon, Phobos, Deimos, dan Bulan. Tapi karena kelompok Deimos dan Bulan kurang anggotanya gara-gara ada yang ga dateng, jadi mereka merger jadi kelompok bulan. Oh iya, masing-masing kelompok anggota 5 dan ditemani oleh 2 kakak PJ dari panitia kelas XI.

Sementara itu, panitia lainnya sibuk ngurusin teleskop buat pengamatan malam nanti ;)

Dinamika kelompok cuma 15 menit, abis itu kelompok yang pertama maju.... atas keegoan saya.... yaitu IO! Dengan depresi dan umpatan para PJ akhirnya mereka melangkah menuju pos 1 dengan clue: "Pergilah ketempat bola untuk menangkap Pokemon". Coba tebak apa jawabannya? Kalo ga tau berarti masa kecilnya kurang indosiar hahaha #SALAH

Di pos 1 yang dijaga oleh Muniif dan Ka Mia. Disana mereka diajarin tentang Astrofotografi. NGIRI? NGIRI? Makanya jangan jaga pos ikut SP! Karena saya ga begitu tau detailnya gimana.. jadi ya intinya mereka diberi 'kuliah' singkat tentang teknik moto langit itu gimana. Ternyata ga bisa asal jepret gitu mas bro.. Kalo mau lengkapnya join Castro Lunar makanya #promosiwae

Berbekal clue "Markas kesayangan cvichayang" para peserta pun pergi ke pos 2. Betewe, buat yang ga tau apa atau siapa itu cvichayang beliau itu adalah salah satu guru biologi di Smanti. Jadi.. kalian tau kan pos 2 ada dimana?

Pos 2 dijaga sama saya, Sekar, Hanifah, Minar, Ferlin, dan Tsara. Di Pos 2 kita ada SENAM BANANA (bukan banana yang itu!), TES KONSENTRASI, dan TEPOK MELEK! Yang selanjutnya ketiga hal ini nantinya jadi nge-tren dikalangan kelas X nantinya #katasiapa

Abis itu ke Pos 3 ("Pergi menuju tempat dimana kita bisa melihat tempat lebih tinggi / Jalan menuju puncak") yang berlokasi di.... tebak sendiri, kan ada petunjuk, itu diisi oleh kelas XII. Saya ga begitu tau ngapain aja (ketupatnya juga gatau orz) tapi saya sempet denger ada BANANA-BANANA-AN. Nah lo, jadi.... pisangku? #ambigu

Saya dan ketupat sempet ditanya sama salah satu penghuni pos 3 yaitu "Apa itu 'Tempat bersarangnya UPIL-UPIL bahagia?' (clue pos 4)". Ya sini ane jelasin. UPIL itu kan United People of IPA 5, jadi pos 4 yang dimaksud itu adalah.. KELAS XII IPA 5! Pinter.. pinter.. *usapusap ngomong-ngomong, pos ini dijaga sama kakak-kakak HAAJ. Disana mereka ditanyain soal materi presentasi yang disampein tadi.

Pos terakhir, yaitu pos terlegendaris, pos 5 dengan clue "Tanah hijau dibawah bulan dan bintang" (<< baru konfirmasi) yang dihuni oleh kakak alumni! Disini kurang lebih pada sharing gitu.. terus juga sempet denger ada semangka-semangkaan (parodi banana). Eh apa itu di pos 4? Ga tau ding kan ane sibuk buat kopi buat kakak alumni <3 #ga

Setelah diingat-ingat, saya ga inget urutan kelompok yang keluar apa aja *lha, tapi saya inget kalo pos-posan selesai jam 2-an, telat 1 jam dari rundown. Tapi ga apa-apa, soalnya masih keliatan bintangnya. Pas pengamatan kita diajarin cara baca rasi, cara baca derajat, dan lain-lainnya dengan bimbingan kakak HAAJ dan kakak alumni. Pas ngamat kita pake teleskop Sky-Watcher, Vixen Porta, Meade bu ida, n teleskopnya Amal. 

Kalo malem, rasanya ga sreg kalo ga ngamatin bulan. Ya, kita ngamatin bulan kok :) terus kita juga liat Jupiter beserta 4 satelitnya yang mini-mini. Terus kita juga liat rasi Orion dan Taurus kalo ga salah. Terus subuhnya liat Venus deh :D

Betewe, ada satu kuis ngetroll yang dibilangin kakak HAAJ (err saya agak lupa soalnya saya ga begitu dengerin) kepada peserta SP pas pengamatan. Pertanyaannya kurang lebih:

"Kalo tower itu ketinggiannya 42 derajat sekarang (jam 3 atau 4 pagi kurang lebih), nanti jam 7 ketinggian tower itu berapa?"

Terus ada peserta SP yang jawab, "Tetep segitu atuh kak, 'kan tower namanya juga."

Dan meledaklah tawa saat itu juga.

Jam 5 pagi kalo ga salah ada bebas tertib. Sebagian ada yang asyik foto-foto sama Venus (termasuk ketupat, waketupat, dan saya ;)) terus ada juga yang sholat--meski panitia pada banyak yang beres-beresin aula sih. Tapi kebanyakan pada tidur, mungkin pada ga kuat kali ya ga tau juga deh. Jam 6 kita dipaksa Bu Ida buat ngumpul dilapangan buat olahraga BANANA sebentar dan Operasi Semut.

Skip operasi semut, jam setengah 7 beres tuh. Terus abis itu ada acara yang ditunggu-tunggu yaitu..... PEMBAGIAN AWARD! Ada award kelompok sama individu, tapi karena saya males dan lupa jadinya entar aja deh ya kapan-kapan posting awardnya. Abis itu Bu Ida memberi pidato singkat dan menutup Star Party secara resmi. Acara berakhir dengan foto-foto dan pembagian souvenir (dan briefing buat panitia).

Minggu, 2 September 2012, pukul 07.00 WIB, Star Party tahun 2012-2013 berakhir sudah.. *nangis bahagia*

Selesai sudah ceirta dari emsi yang kece ini! Meski agak jauh dengan draft awalnya, tapi biarkan sajalah. Udah dibilangin juga salah kalo minta tolong ane.

Ini foto-fotonya!

 Lagi presentasi
 Lagi nonton kalo ga salah

 Kakak-kakak alumni, tapi sayang ngeblur TwT
 Hayo siapa?
 Perkenalan sama salah satu pendiri Castro :3
 Ngerakit teleskop buat pengamatan
 BANANA BANANA HOP!
 Lagi pengamatan, antusias banget! Sampe penuh begitu!

Ketupat dan waketupat =DD
 Foto semuanya yang berpartisipasi di Star Party 2012 "Get Glorious With Lunar: Gaze the Gorgeous and Lovable Sky With Lunar". Terima kasih semuanya!


 Sisa fotonya sok dicek di.. Star Party 1-2 Sept 2012 atau di wall group Castro Lunar

Oh iya, kalo nanya "Pembina pada kemana?" Kalo pak Kusna, pak Tresna, pak Asep, bang Jek, 'a Iwan itu pada nonton bola di pos satpam, kalo bu Ida sama bu Nisvi pada diruang guru--tidur hehehe ^^b

Selesai deh ceritanya! Yosh, semoga ngerti inti ceritanya deh! Sampai bertemu lagi di postingan berikutnya, saya Pilong pamit makan dulu, salam PISANG!--eh Castro!

~The Most Kece Person


Pilongtan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar